Selasa, 26 Februari 2013

Rangkaian Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang diadakan Kanzus Sholawat Cabang Kudus

Ribuan masyarakat Kecamatan Undaan   mengiringi kirab merah putih  yang diadakan Kanzus Sholawat Angudi Barokahe Gusti (ABG) cabang Kudus Ahad sore (24/2). Mereka yang terdiri dari siswa berbagai sekolah, organisasi masyarakat, dan komunitas lintas agama itu mengiringi kirab dengan menempuh perjalanan 2,5 kilometer mulai dari Balai Desa Undaan Tengah.
Kirab kebangsaan dalam rangka  peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini berlangsung meriah. Ragam kebudayaan ditampilkan seperti pakaian adat nusantara, seni terbang papat, Barongan, reog ponorogo, barongsai dan marching band  dari MA NU Nahdlatul Muslimin Undaan dan  Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang.
Nilai kebangsaan dan nasionalisme menjadi tema utama pelaksanaan peringatan maulid Nabi Muhammad oleh kanzus Sholawat. Tujuannya, untuk menanamkan kembali nilai-nilai nasionalisme di kalangan anak bangsa yang akhir-akhir ini semakin luntur.
“Melalui kirab kebangsaan ini dimaksudkan nilai-nilai dan semangat nasionalisme anak bangsa bisa tertanam  kembali,”ujarnya..
Nabi  Muhammad SAW  diturunkan sebagai rahmatan lil alamin (rahmat bagi semesta alam).Makanya dalam kirab menampilkan ragam budaya dari berbagai agama,suku dan etnis.
“Dari agama,suku maupun etnis apapun kita libatkan selama masih dalam bingkai NKRI.semboyan kegiatan ini adalah NKRI harga mati, bukan basa-basi,” kirab kebangsaan ini merupakan salah satu rangkaian  peringatan maulid Nabi Muhammad SAW yang diadakan Kanzus sholawat Cabang Kudus ini  sejak 20 – 27 Februari. Kegiatan lainnya,  Bazar maulid (20-27/2), Pentas seni Budaya (20-25/2),dan Pentas malam pasihan bersama musik gambus Macica Solo (26/2).
“Puncak acaranya malam kamis (27/2) nanti  berupa pengajian umum yang bersama  Habib Luthfi bin Ali bin Yahya dari Pekalongan,”
Kegiatan Maulid Nabi  Kanzus Sholawat Kudus di Desa Undaan Lor ini selalu menjadi perhatian dan hiburan  warga masyarakat kudus dan daerah lainnya.
“Setiap tahun acara semacam ini sudah rutin dan selalu dinanti masyarakat. Selain menghibur masyarakat terhibur juga ada tuntunannya terutama saat pengajian bersama ulama,kyai dan habaib

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar