Jumat, 14 Oktober 2011

Tips Berhenti Menyalahkan Orang Lain

            “Semua orang tentu bisa melakukan kesalahan. Kecuali saya!” Mungkin hal tersebut yang tergambar dari seseorang yang selalu menyalahkan orang lain. Anda mungkin masih ingat semasa kecil dulu. Ketika Anda berlari dan terjatuh, serta merta orang tua berlari kea rah Anda sambil berkata, “Batunya nakal ya nak, nanti mama marahi deh!” Kenapa harus menyalahkan batu? Saat beranjak remaja dan Anda mendapat nilai buruk di sekolah, Anda akan mengatakan,”Gurunya killer sih.” Nah, kok Guru yang disalahkan? Begitu menginjak usia dewasa dan masuk ke dunia kerja, kebiasaan menyalahkan orang lain sepertinya juga tak pernah hilang dalam diri Anda. Saat seorang supervisor mendapat teguran karena target penjualan tidak tercapai, serta merta di melemparkan kesalahan pada timnya. Padahal, kalau boleh jujur, orang yang paling bertanggung jawab untuk semua kegagalan itu adalah diri sendiri. Mengapa, sebab keputusan apa pun yang mengakibatkan kegagalan, Anda sendiri yang memilihnya. Bukan karena batu, guru, atasan yang tidak paham dengan baik, rekan kerja yang tidak peduli, bahkan perusahaan yang tidak mau tahu kepentingan Anda. Berikut ini adalh renungan untuk anda,
1. Self Esteem Rendah. Menyalahkan orang lain atas kegagalan Anda merupakan pertanda yang jelas begitu rendahnya self esteem Anda. Sebab dengan menyalahkan orang lain atau keadaan berarti Anda tidak berani atau tidak mampu mengambil risiko. Pada akhirnya, jika tidak pernah mau mengambil risiko, Anda akan selalu menjadi korban dari keadaan sendiri. Kalau pada setiap masalah yang timbul Anda bisa melihat kelemahan diri, bukan kesalahan orang lain, maka Anda akan mudah memecahkan setiap persoalan. Lalu mengoreksi kesalahan dan mengembangkan kekayaan mental demi kemajuan diri serta sekaligus tidak menyakiti perasaan rekan Anda yang menjadi ‘kambing hitam’. Intinya, Anda bisa terus belajar dari setiap kesalahan.
2. Mengundang Penyakit. Menyalahkan orang lain atau keadaan juga dapat membuat Anda cepat tua dan mengundang berbagai penyakit. Sebab, saat menyalahkan orang lain, muncul emosi-emosi negative seperti rasa marah, kesal, dan stres yang dapat merusak kekebalan tubuh. Di saat kekebalan tubuh melemah itulah berbagai penyakit menyerang, dari yang ringan hingga kelas berat. Penyakit yang sering menyerang orang yang gampang menyalahkan orang lain di antaranya adalah sakit kepala, sakit punggung, sakit perut dan penyakit serius lainnya, seperti serangan jantung, kanker, depresi hingga masalah reproduksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar